HMJ DIII TLM Gelar Lomba Artikel Ilmiah dan Videografi SMK Se-Jawa

Pemenang lomba penulisan artikel ilmiah tingkat SMK Kesehatan Se-Jawa usai menerima penghargaan

Pemenang lomba penulisan artikel ilmiah tingkat SMK Kesehatan Se-Jawa usai menerima penghargaan

Semarang │Unimus (18/02/2018) Sebagai upaya mengakomodir pengembangan minat bakat remaja dan siswa sekolah, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) DIII Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan kegiatan Lomba Artikel Ilmiah dan Videografi SMK Se-Jawa. Penilaian presentasi artikel dan videografi di laksanakan di gedung laboratorium kesehatan terpadu pada 17 Februari 2018 dibuka oleh Wakil Rektor III Unimus.

Sekprodi DIII TLM menyerahkan sertifikat kepada tim dari SMK Avicenna Lasem pemenang lomba artikel ilmiah terbaik

Sekprodi DIII TLM menyerahkan sertifikat kepada tim dari SMK Avicenna Lasem pemenang lomba artikel ilmiah terbaik

Dituturkan oleh ketua panitia Didin Nurhavidin bahwa lomba ini merupakan terobosan untuk membentuk potensi remaja kreatif, berintelektual, dan terampil. “Kegiatan lomba juga bertujuan untuk meningkatkan motivasi dalam meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat, memotivasi siswa-siswi untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dalam penguasaan bidang sains terapan” tambah Didin. Ditambahkan oleh ketua program studi DIII Teknologi Laboratorium Medis Unimus (Herlisa Anggraini, SKM, M.Si.Med) kegiatan yang murni diadakan oleh mahasiswa dengan dukungan dari program studi diadakan dengan harapan dapat meningkatan kemampuan siswa SMK untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. “Selain diadakan kegiatan lomba, siswa peserta lomba juga akan mengikuti kampus tour dan laboratorium tour di Unimus egiatan laboratorium tour di pandu langsung oleh dosen untuk mengenalkan laboratorium dan kampus Unimus serta membangun kecintaan terhadap profesi” ungkap Herlisa.

Lomba artikel ilmiah diikuti oleh 13 tim dari 9 SMK Kesehatan, sementara lomba videografi diikuti oleh 6 tim dari 4 SMK Kesehatan. Penghargaan artikel ilmiah terbaik diberikan kepada SMK Avicenna Lasem dengan judul artilkel “Efektifitas Ekstrak Buah Kawis (Limonia Acidissima) Sebagai Bioinsektisida Sediaan Antinyamuk Elektrik Terhadap Kematian Nyamuk”. Juara dua artikel ilmiah diberikan kepada SMK Bhakti Mulia Wonogiri dengan judul artikel “Pola Hidup Sehat Sebagai Upaya Mengurangi Risiko Gagal Ginjal Kronik”, dan peringkat tiga artikel terbaik diraih SMK Muhammadiyah 4 Surakarta dengan judul artikel “ Potensi Bunga Kecombrang Sebagai Pengawet Makanan Alami”. Penghargaan kategori videografi terbaik peringkat pertama diraih SMK Theresiana Semarang dengan judul video “Hematocrit Examination” sedangkan peringkat kedua videografi diraih oleh SMK Nusaputra Semarang dengan judul video “Aku dan Laboratoriumku” Reportase UPT Kehumasan dan Keprotokoleran

DIII TLM Unimus Dipercaya Kelola Program RPL Teknisi Laboratorium Medis

Kaprodi DIII TLM Herlisa Anggraini, M.Si. Med memberikan sosialisasi kepada peserta RPL didampingi Dekan Fikkes

Kaprodi DIII TLM Herlisa Anggraini, M.Si. Med memberikan sosialisasi kepada peserta RPL didampingi Dekan Fikkes

Semarang │(05/08/2017) Program Studi Diploma Tiga (DIII) Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mendapat kepercayaan dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementrerian Pendayagunaan Aparatur Negara untuk menjadi pengelola program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi tenaga kesehatan teknisi laboratorium medis. Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah program akselerasi dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualifikasi pendidikan tenaga kesehatan dengan jenjang pendidikan dibawah Diploma III. Rekognisi Pembelajaran Lampau adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal (Permenristekdikti No 26 Th 2016 Pasal 1 ayat 1). RPL adalah program percepatan pendidikan pegawai dengan masa kerja cukup lama melalui pengakuan pengalaman kerja sehingga masa perkuliahan menjadi lebih pendek. Tahun 2017 mendapat kesempatan untuk mengikuti program ini adalah tenaga kesehatan, seiring ditetapkannya UU yang menyatakan tenaga kesehatan minimal berpendidikan diploma 3 pada bulan Oktober 2020.

Sosialisasi program RPL pada peserta RPL DIII TLM

Sosialisasi program RPL pada peserta RPL DIII TLM

 

Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Kesehatan  (Fikkes) Dr. Budi Santosa, M.Si.Med menjelaskan bahwa tempat pendidikan yang menyelenggarakan RPL adalah program studi diploma 3 yang terakreditasi minimal B yang terbagi pada Perguruan Tinggi Rayon dan subrayon untuk tiap provinsi dengan biaya pendidikan kepada peserta RPL dibantu oleh Pemerintah. Kaprodi DIII Keperawatan juga menjelaskan bahwa program RPL di Unimus yang dilaksanakan Prodi DIII Keperawatan bagi perawat diperuntukkan bagi perawat PNS dengan pengalaman minimal 5 tahun dengan pengdidikan dibawah DIII.

Dekan Fikkes yang juga dosen DIII TLM Dr. Budi Santosa, M.Si.Med melakukan assestment pada peserta RPL

Dekan Fikkes yang juga dosen DIII TLM Dr. Budi Santosa, M.Si.Med melakukan assestment pada peserta RPL

“Tujuan program RPL adalah mendorong tenaga kesehatan lulusan pendidikan dibawah Diploma III utk meningkatkan kualifikasi pendidikan sampai jenjang Diploma III. RPL juga dilakukan untuk eningkatkan kompetensi dan kualifikasi nakes sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan, dan peningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui peningkatan mutu tenaga kesehatan” papar Dr. Budi.  “Sebelum melaksanakan pembelajaran semua calon mahasiswa peserta RPL harus mengikuti assestment melihat untuk melihat sejauh mana kompetensi yang sudah dimiliki dan menilai sks yang diakui melalui program RPL” ungkap Kaprodi DIII TLM “Tahap awal yang merupakan program percobaan RPL, khusus diberikan kepada PNS, tahap awal ini akan dimulai perkuliahan pada bulan September 2017. Diharapkan pada tahap berikutnya program ini dapat diikuti oleh pegawai swasta. Peserta RPL harus mengikuti syarat peserta RPL. Waktu pendidikan diharapkan dapat terselesaikan dalam waktu 2 semester, dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan” tambahnya.

Reportase UPT Humas dan Protokoler

D3 Analis Kesehatan Unimus mendapat Nilai Akreditasi Baik (B) dari BAN/PT

Ucapan syukur ALhamdulillah baru-baru ini Nilai Akreditasi Program Studi D3 Analis Kesehatan diluncurkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan mendapatkan nilai Akreditasi Baik “B”. Nilai tersebut merupakan hasil reakreditasi untuk periode 2013 s.d. 2018, yang dilaksanakan visitasi akreditasi oleh Asesor BAN PT pada pada hari Kamis, Jum’at dan Sabtu tanggal 19, 20, dan 21 September 2013. Skor yang diperoleh sebesar 358 yang nyaris masuk ke peringkat Sangat Baik  “A” sesuai interval skor akreditasi BAN PT sebagai berikut: Hasil akreditasi institusi perguruan tinggi dinyatakan sebagai Terakreditasi dan Tidak Terakreditasi. Yang terakreditasi diberi peringkat: – A (Sangat Baik) dengan nilai akreditasi 361 – 400 – B (Baik) dengan nilai akreditasi 301 – 360 – C (Cukup) dengan nilai akreditasi 200 – 300 – Tidak Terakreditasi dengan nilai akreditasi kurang dari 200. Diupayakan pada reakreditasi tahun 2018 masuk ke peringkat yang lebih tinggi .

D3 Analis Kesehatan Unimus mendapat Apresiasi Sangat Baik dari Asesor BAN PT

Asesor BAN PT visitasi D3 Analis Unimusdi Akreditasi

Asesor BAN PT visitasi D3 Analis Unimusdi Akreditasi

Suasana Dalam Visitasi Akreditasi D3 Analis Kesehatan Unimus

Suasana Dalam Visitasi Akreditasi D3 Analis Kesehatan Unimus

Asesor BAN PT visitasi D3 Analis Unimusdi Akreditasi

Asesor BAN PT visitasi D3 Analis Unimusdi Akreditasi

Asesor BAN PT visitasi D3 Analis Unimusdi Akreditasi

Asesor BAN PT visitasi D3 Analis Unimusdi Akreditasi

UNIMUS| pada hari Kamis, Jum’at dan Sabtu tanggal 19, 20, dan 21 September 2013, Program Studi D3 Analis Analis Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mendapatkan visitasi Asesor BAN PT dalam rangka Reakreditasi untuk periode 2013 s.d. 2018, yaitu Bapak Insan Sosiawan, dr. Ph.D. dari  Universitas Yarsi Jakarta dan Ibu Liliana Sugiharto, dr. MS. PA(K) – UAJ, Jkt.

Hadir menyambut asesor Rektor Unimus Prof. Dr. Djamaluddin Darwis, M.A., Dekan Fakultas Ilmu Keperawtaan dan Kesehatan (FIKKES) Unimus Edy Soesanto,S.Kp, M.Kes, Wakil Dekan I dan II Fikkes Unimus Budi Santosa, SKM, M.Si.Med. dan Ali Rasyidi, M.Si. Kegiatan visitasi diawali dengan presentasi profile program studi D3 Analis Kesehatan Unimus Ibu Herlisa Aggraini, SKM, M.Si.Med. dilanjutnya dengan verifikasi dokumen dan melihat sarana dan prasarana D3 Analis Unimus

Kegiatan asesor